10 jenis virus komputer yang sering muncul


sebenarnya jenis virus ada banyak sekali.Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan definisi yang berbeda pula.tapi post kali ini gua akan ngebahas sedikit aja tentang mereka. dan diantaranya :

1. virus file

virus file menempel pada file program, umumnya file *.EXE atau *.COM. Virus ini menggunakan teknik yang berbeda untuk menginfeksi file program lainnya.virus file juga dapat menginfeksi file *.SYS,*.DRV,*.BIN,*.OVL dan *.OVY.
kebanyakan virus file mengawasi semua kegiatan pengguna komputer dan menginfeksi file program lainnya.lalu virus file lainnya tersebut menginfeksi melalui “serangan langsung” agar virus menginfeksi satu atau beberapa file program ketika pengguna komputer menjalankan file tersebut. Jenis virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.

2. virus sistem

virus yang juga dikenal sebagai boot virus dikarenakan sering terdapat di dalam disket tanpa sepengetahuan pengguna. Ketika seorang pemakai menyalakan komputer, virus ini akan menginfeksi MBR(Master Boot Sector) dan boot sector jika disket yang terinfeksi berada dalam drive disket.

3. virus dropper

dropper adalah program yang dibuat atau di modifikasi untuk menginstall sebuah virus pada komputer yang menjadi target serangan. Prinsip dropper sama seperti sebuah amplop yang di dalamnya terdapat virus.yang menyebar adalah virus bukan program droppernya. Didalam dropper bisa saja terdapat beberapa jenis virus.
Dropper bisa berupa sebuah nama file seperti readme.exe,atau melalui command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Kode virus ini dapat di program seperti virus,dan scanner tidak bisa menemukan virus tersebut.tapi untungnya sebagian besar dapat dideteksi.

4. virus companion

virus yang mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalinnya untuk meletakkan virus.Alasannya,file *.COM berjalan sebelum file *.EXE, program tersebut akan berjalan seperti biasa dan semuanya akan kelihatan normal bagi pengguna komputer.

5. virus Multipartition

adalah kombinasi dari berbagai jenis virus yang bebeda.Virus ini dapat menginfeksi area booting dan file eksekusi dan dapat menginfeksi melalui sebuah jaringan.

6. virus macro

virus yang memiliki tingkah laku yang sama dengan kebanyakan virus, namun virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi bukannya bahasa pemrograman suatu sistem operasi,misalnya macro yang terdapat di dalam microsoft word.

7.  worm

worm tergolong program komputer yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri, tetapi,worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya,worm tidak memerlukan tempat khusus.oleh karena itu,worm tidak tergolong virus walaupun memiliki karakteristik yang sama dengan virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering di serang oleh worm. Penularan/penyebaran worm pada komputer lainnya melalui jaringan.hal ini bisa menyebabkan sistem menjadi overload terus menerus.

8. trojan horse

trojan horse atau bahasa indonesianya kuda troya tidak menyebar seperti yang lainnya.karena itu trojan horse juga tidak tergolong virus seperti worm meskipun memiliki karakteristik yang sama.trojan meniginfeksi komputer melalui file yang tampaknya tidak berbahaya dan biasanya justru melakukan sesuatu yang berguna.Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format harddisk dan sebagainya.

9. virus polymorphic

virus ini boleh dikatakan virus yang pintar karena virus ini dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga membuat sulit dideteksi oleh anti virus.

10. virus stealth

adalah jenis virus yang dirancang dapat menyembunyikan diri agar sulit dideteksi.Virus ini menggunakan suatu cara yang cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk menyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus ini menginfeksi file tersebut
ok guys trimks udah mau ngebaca semoga bermanfaat dan
tetap semangaaaaaaatttttt!!!